Tutup nya beberapa tempat wisata akibat virus corona

Virus corona mengakibatkan tempat wisata di tutup sementara

Tutup nya beberapa tempat wisata akibat virus corona – Demi mencegah penyebaran virus corona ( Covid-19 ), sejumlah tempat wisata di Jakarta ditutup sementara. Kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Daftar tempat wisata di Indonesia yang ditutup sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Monas

Salah satu landmark terpopuler di jakarta yaitu Monas menjadi tempat wisata yang ditutup untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.
Selain Monas, Pemprov DKI Jakarta juga menutup beberapa tempat wisata di Jakarta lainnya juga ditutup, seperti Ancol, Kawasan Kota Tua, Dunia Fantasi, Taman Margasatwa Ragunan, Setu Babakan, Planetarium Taman Ismail Marzuki, dan lainnya.

Gunung Merbabu

Dari Jakarta kita bergeser ke Jawa Tengah, Gunung merbabu menjadi salah satu tempat wisata yang juga ditutup sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Pihak Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menutup seluruh jalur pendakian dan tempat wisata alam di kawasan Gunung Merbabu.

Penutupan tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor:440/0004942 pada 14 Maret 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19) di tempat-tempat umum. Selain Merbabu, beberapa tempat wisata di Jawa Tengah juga ditutup, seperti Taman Balekambang, Ketep Pass, Candi Mendut dan Candi Pawon, Museum Karst, Museum Sangiran dan masih banyak lagi.

Candi Plaosan

Adalah bukti nyata bahwa kekuatan cinta mampu menyatukan sekat perbedaan. Candi nan cantik ini dibangun oleh Rakai Pikatan yang beragama Hindu untuk permaisuri terkasihnya Pramodyawardani yang memeluk Budha. Mengunjungi Plaosan tidak hanya mengajarkanmu tentang kekuatan cinta namun juga makna toleransi yang sesungguhnya.

Museum Sepuluh Nopember

Selanjutnya ada Museum Sepuluh Nopember yang juga ditutup sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Museum yang terletak di Jalan Pahlawan, Kelurahan Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, ini ditutup selama 2 pekan, mulai tanggal 16-30 Maret 2020.
Selain Museum Sepuluh Nopember, beberapa museum lain di Surabaya juga ditutup, seperti Museum WR Soepratman, Museum Surabaya, Museum HOS Tjokroaminoto. Museum DR. Soetomo, dan Museum Pendidikan.

Kawah Ijen

Kawah Ijen Banyuwangi merupakan salah satu destinasi populer di kalangan wisatawan. Pemandangan yang indah dan udara yang sejuk menjadi salah satu penarik banyak orang mengunjungi tempat ini. Apalagi dengan adanya fenomena Blue Fire yang sangat hanya ada 2 di dunia.

Kawah Ijen ditutup sementara terhitung 16 Maret 2020 hingga 29 Maret 2020, selama dua pekan ke depan. Tak hanya Kawah Ijen, Taman Nasional Alas Purwo, dan Taman Nasional Meru Betiri, juga ditutup sementara.

Alun-alun Bandung

Bandung bisa dikatakan lengkap dalam penyediaan tempat wisata. Baik yang mewah dan mahal sampai yang terjangkau bahkan gratis. Salah satu tempat wisata yang tidak menguras kantong adalah Alun-Alun Bandung.

Alun-alun Bandung menjadi tempat wisata yang juga ditutup karena virus corona. Penutupan ini dilakukan setelah Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, mengeluarkan Surat Edaran nomor 443/SE.030-Dinkes yang salah satu poinnya menyebutkan untuk menutup sementara area publik di Bandung.
Beberapa tempat wisata yang ditutup adalah Alun-alun Bandung, Taman Kota, Museum Gedung Sate, Museum Konferensi Asia Afrika. Lalu, Observatorium Bosscha, Museum Kota Bandung, Kampung Korea Bandung, dan beberapa destinasi wisata lainnya.