Negara dengan Masyarakat Gemar Makan Kuda

Fakta Tentang Kazakhstan, Negara dengan Masyarakat Gemar Makan Kuda

Negara dengan Masyarakat Gemar Makan Kuda – Eropa tengah dilanda skandal daging kuda. Produk daging sapi yang beredar di masyarakat diganti dengan daging kuda. Tercatat ada 11 negara Eropa yang bermasalah dengan penipuan produk ini.

Bagi sebagian warga Eropa, terutama di Prancis, daging kuda biasa mereka konsumsi. Namun, banyak pula yang pantang makan daging hewan itu, terutama di Inggris.

Pada 16 Desember 1991, Kazakhstan resmi  memerdekakan dirinya dari Rusia. Negara yang terletak di Asia Barat ini dipimpin oleh Nursultan Nazarnayev ketika awal kemerdekaannya.

Pastinya, banyak sekali pengorbanan dan perjuangan dari rakyat Kazakhstan untuk meraih kemerdekaannya itu. Dilansir laman FactRetriever dan E-history, berikut fakta mengenai negara Kazakhstan yang harus kamu ketahui.

1. Semua mobil adalah taksi

Jika kamu sedang bepergian di Kazakhstan, ada banyak sekali transportasi yang dapat kamu gunakan, salah satunya yaitu taksi nonformal. Pada dasarnya, menggunakan jasa atau menjadi pengemudi taksi nonformal diperbolehkan di Kazakhstan.

Cukup dengan melambaikan tanganmu ketika ada mobil lewat atau sedang berhenti, lalu negosiasikan harga dan jarak yang akan ditempuh dengan pengemudi tersebut.

2. Memiliki permainan tradisional yang unik yaitu Kyz Kuu

Kazakhstan dikenal dengan permainan tradisionalnya yang bernama Kyz Kuu atau ‘merebut perempuan’.  Permainannya melibatkan satu laki-laki dan satu perempuan. Pemain laki-laki harus berhasil mencium pemain perempuan saat berkuda.

Fakta Tentang Kazakhstan

Pemain perempuan akan berkuda terlebih dahulu disusul pemain laki-laki menuju finis. Jika berhasil, laki-laki tersebut berhak berkencan dengan perempuan tersebut. Sebaliknya, jika gagal, pemain laki-laki akan dicambuk oleh pemain perempuan saat berkuda menuju garis awal permainan.

3. Pecahan negara dari Rusia

Pada awal abad ke-18, Kazakhstan mulai dikuasai oleh Rusia. Kedudukan ini dipertegas setelah adanya revolusi komunis Uni Soviet yang menyatakan Kazakhstan merupakan 1 dari 15 negara yang tergabung dalam Uni Soviet. Seiring dengan bubarnya Uni Soviet, Kazakhstan resmi memproklamasikan kemerdekaannya pada 16 Desember 1991.

4. Masyarakat di sana gemar makan daging kuda

Hampir di setiap penjuru Kazakhstan terdapat kuda. Bagaimana tidak, daging kuda merupakan daging andalan masyarakat di sana.

Masyarakat di sana mengolah daging kuda tersebut menjadi berbagai macam hidangan, salah satunya makanan khas Kazakhstan, seperti kazy, kuyrdak, dan beshbarmak. Selain itu, masyarakat di sana juga menggunakan kuda untuk mobilitas ke suatu tempat, terutama di pedesaan.

5. Walaupun tidak punya laut, Kazakhstan mempunyai prajurit angkatan laut

Kazakhstan sendiri merupakan negara terluas kesembilan di dunia yang berbatasan langsung dengan Rusia, Tiongkok, Kirgistan, Uzbekistan, dan Turkmenistan. Namun, Kazakhstan tidak mempunyai laut.

Namun, ternyata, Kazakhstan mempunyai prajurit angkatan laut. Hal ini karena Kirgiztan sendiri mempunyai batas wilayah di Danau Kaspia dengan Rusia, Azerbajian, dan Turkmenistan. Danau Kaspia sendiri merupakan danau terluas di dunia dengan luas 394.299 kilometer persegi.

Itu tadi fakta-fakta unik tentang Negara Kazakhstan. Semoga bisa memperkaya wawasanmu, ya!