Masjid Paling Unik dan Terindah di Dunia, Dengan Konsep Unik

Masjid Paling Unik dan Terindah di Dunia

Masjid Paling Unik dan Terindah di Dunia – Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat muslim. Saat ini, keberadaan masjid cukup mudah untuk ditemukan, terutama di negara yang bermayoritas muslim.

Baca juga : Destinasi Wisata Religi Masjid Istiqlal

Seiring berjalannya waktu, model dan bentuk bangunan masjid dikonsep begitu unik. Dari sekian banyak jenis masjid, berikut yang paling unik di antaranya.

Masjid Shah Faisal, Islamabad

Terletak di bagian paling utara kota Islamabad, tepatnya di kaki daftar s128 Bukit Margalla, Masjid Shah Faisal berdiri dengan kubahnya nan unik. Konon, bangunannya dirancang selaras dengan bentuk tenda suku Badui. Empat menara yang mengisi sudut masjid tersebut, menyerupai sebuah roket yang siap diterbangkan. Bagian dalam masjidnya pun sungguh menawan dengan deret lubang angin nan futuristik

Masjid Sultan Ahmed, Istanbul

Masjid ini akrab dikenal sebagai masjid biru, sebab tampilan interiornya yang nyaris semuanya berwarna biru. Terdiri dari 20.000 ubin berwarna biru dengan pola yang rumit dan indah, seluruh dinding dan ornamen bagian dalam masjid ini dipendarkan oleh lampu putih yang membuat kesan megah Blue Mosque kian menakjubkan.

Masjid Nasir al-Mulk, Iran

Dengan kaca patrinya yang memesona serta mosaik puspa pola di langit-langit dan karpet Persia yang menutupi lantai, Masjid Nasir al-Mulk menjelma tempat ibadah yang dirasuki warna pelangi dari segala arah. Fasad bangunan ini menampilkan lusinan pola khas Timur Tengah yang kian menambah keindahan pertunjukan cahaya dari kaca patri Masjid Nasir al-Mulk. Sementara pada bagian depan, kita akan dihadapkan dengan halaman terbuka dan kolam persegi panjang di tengahnya yang merefleksikan kemegahan bangunan masjid. Masjid yang diarsiteki Mohammad Rez Kshi Sz e Širzi ini juga dijuluki sebagai Masjid Pink. Hal itu tidak lain karena mosaik di langit-langit, ubin dan kaca patrinya yang didominasi warna merah muda.

Masjid Shah Cheragh, Iran

Jika sobat traveler menyisir ruangan dalam masjid ini, tidak sulit bagi kita untuk sekejap jatuh cinta dengan kemegahan interior masjid Shah Cheragh. Ubinnya yang terbuat dari marmer, memantulkan cahaya lampu dan permata yang melekat pada dinding hingga plafon di seluruh ruangan. Sekilas masjid ini bak ruang simulasi pergerakan bintang yang mengitari semesta. Lantunan dzikir dan ayat suci juga akan membuatmu lupa tengah memijakkan kaki di dunia. Rasanya tidak berlebihan jika menyebut kita dapat merasakan surga sejenak di Shan Cheragh. Kompleks masjid ini juga merupakan tempat persemayaman terakhir kakak beradik Ahmad bin Musa dan Muhammad bin Musa, anak dari Ms al-Kdhim. Keduanya tewas saat pemerintahan Abbasiyah melakukan tindakan persekusi pada Muslim Syiah di Shiraz, Iran.

Masjid Qolsharif, Rusia

Masjid ini dahulunya merupakan pusat keagamaan dan pengembangan ilmu pengetahuan di wilayah Volga Tengah selama abad XVI.

Ini sempat dihancurkan pada bulan Oktober 1552 oleh pasukan Ivan The Terrible hingga akhirnya dipugar kembali sejak tahun 1996 dan diresmikan tahun 2005. Bagian interior dan masjid ini bak membawa kita menyisir masa kejayaan Islam di Eropa

Sumber : guideku.com