Freelancer yang Sudah Terlanjur Melekat di Masyarakat

Anggapan Salah Soal Freelancer yang Sudah Terlanjur Melekat di Masyarakat

Freelancer yang Sudah Terlanjur Melekat di Masyarakat – Menjadi pekerja lepas atau freelancer bisa menjadi pilihan. Untuk menyambung hidup di tengah pandemi virus Corona seperti sekarang ini. Tapi jangan asal ‘nyebur‘, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menjadi freelancer.

Mencari pekerjaan zaman sekarang memang tidak lah mudah. Perlu bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pencari kerja untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Namun seiring perkembangan zaman banyak alternatif yang bisa dipilih. Selain dengan memilih untuk bekerja di kantor dan waktu yang tidak fleksibel.

Banyak kaum milenial yang memilih untuk bekerja secara lepas alias menjadi Agen S128 freelancer. Selain bisa mengatur waktunya sendiri dan menjadi ‘bos’ untuk diri sendiri, bekerja secara lepas membuat kreatifitas kaum muda jadi tidak terbatas.

Namun, jam kerja yang tidak tetap dan tidak adanya pemasukan tetap juga jaminan yang pasti membuat bekerja sebagai freelancer masih dipandang sebelah mata. Jika kamu memutuskan untuk bekerja sebagai freelancer, siapkan mentalmu karena inilah anggapan akan sering dituduhkan padamu.

Pribadi yang tidak suka aturan

Karena bekerja secara lepas dengan aturan yang dibuat sendiri, seorang pekerja lepas sering diasosiasikan dengan pribadi yang tidak suka aturan. Bekerja sebagai freelancer sering dianggap sebagai pelarian seseorang yang tidak mau terikat karena tidak suka menaati aturan.

Padahal sih untuk hidup sebagai seorang freelancer di dunia dewasa, kamu harus dua bahkan tiga kali lebih ketat pada aturan yang kamu buat sendiri.

Selalu punya waktu luang

Karena tidak bekerja dengan waktu yang terikat, seorang pekerja lepas sering dikira tidak pernah sibuk. Orang-orang mungkin sering mengajakmu keluar rumah atau meminta bantuan karena kamu dipikir tidak punya pekerjaan, karena kamu adalah pekerja lepas yang bisa bekerja kapan saja.

Padahal sih, menjadi seorang pekerja lepas seringkali mengharuskanmu begadang berhari-hari saking sibuknya, iya gak?

 Terjun Menjadi Pekerja Lepas Dengan Melihat Apa yang dibutuhkan Masyarakat

Masa depan tidak jelas

Tidak ada yang bisa memprediksi masa depan seseorang. Entah itu seseorang yang bekerja di intansi yang jelas atau seorang pekerja lepas, sama-sama bisa gagal atau berhasil di masa depan. Jaminan masa tua yang diberikan perusahaan tidak bisa dijadikan kejelasan masa depan seseorang karena ada banyak hal yang bisa terjadi.

Tidak mampu mengemban tanggung jawab

Selain dianggap tidak suka menaati aturan, seorang pekerja lepas juga dianggap tidak mau mengemban tanggung jawab dan lebih suka seenaknya. Tentu saja hal ini salah, dengan memilih bekerja sebagai pekerja lepas kamu justru memiliki tanggung jawab yang lebih besar.

Baik untuk dirimu dan orang-orang yang bekerjasama denganmu. Saat ada masalah, kamu adalah satu-satunya yang ada untuk disalahkan.

Entah itu kerja kantoran atau pekerja lepas, sama-sama harus pintar untuk berinvestasi.