Destinasi Wisata Umat Kristiani di Indonesia

Destinasi Wisata Umat Kristiani

Destinasi Wisata Umat Kristiani – Meski dikenal sebagai negara dengan populasi umat Islam terbesar di dunia, akan tetapi Indonesia terkenal dengan keberagaman dan keharmonisan antar umat beragama.

Baca juga : Tempat Wisata Religi Dunia, Manakah Tujuanmu?

Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, keharmonisan tersebut juga dapat dilihat dari keberagaman lokasi wisata rohani di Indonesia. Berikut Tagar merangkum lima destinasi wisata Kristiani di Indonesia.

Salib Kasih, Tarutung

Salib Kasih merupakan ikon dari kota wisata rohani Tarutung, Sumatera Utara. Bangunan salib berdiri di atas perbukitan yang terletak di Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara ini telah berdiri sejak tahun 1993.

Lokasi salib yang terletak di atas bukit tersebut diyakini sebagai tempat Misionaris Kristen asal Jerman, Dr. Ludwig Ingwner Nomennsen selamat dari hukuman mati. Nomennsen merupakan tokoh penyebaran Agama Kristen di Tanah Batak. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung di lokasi ini dapat mengikuti kebaktian mingguan maupun melakukan doa di rumah-rumah doa sekitar salib.

Gereja Katedral, Jakrta

Gereja Katolik ini terletak di ibu kota Jakarta. Yang diresmikan sejak tahun 1901 ini menjadi salah satu monumen kerukunan antar umat beragama di Indonesia karena lokasinya berseberangan dengan Masjid Istiqlal.

Selain dapat mengikuti kebaktian, para pengunjung Gereja Katedral dapat menikmati arsitektur bangunan gereja yang kental dengan nuansa Eropa. Gereja ini selalu disesaki umat Kristiani terutama saat momen keagamaan seperti Paskah dan Natal.

Patung Yesus, Toraja

Terletak di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, tepatnya di atas Bukit Buntu Burake, sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Makale, Toraja. ini disebut-sebut sebagai monumen Yesus Kristus tertinggi di dunia dengan lokasi berdiri berada di ketinggian 1.700 mdpl.

Patung ini diresmikan pada Mei 2015 lalu dan menelan biaya sekitar Rp 22 miliar. Selain sebagai wisata rohani, Patung Yesus Memberkati di Tana Toraja ini juga dikunjungi wisatawan untuk hiking dan menikmati pemandangan Tana Toraja.

Graha Maria Annai Velangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni merupakan gereja Katolik bergaya India-Mughal yang terdapat di Kota Medan, Sumatera Utara.

Gereja ini terdiri dari dua tingkat, mulai dari tempat pertemuan di lantai dasar dan tempat ibadah di lantai pertama. Sementara menara di atasnya terdiri dari tujuh lantai sebagai lambang bahwa di surga terdapat tempat untuk semua orang. Gereja ini berdiri sejak tahun 2005 dan dibuka untuk umum.