Cara membangun blogger untuk pemula dengan mudah

Blogger pekerjaan generasi millenial

Cara membangun blogger untuk pemula dengan mudah – Sebenarnya siapa saja dapat menjadi seorang blogger yang sukses, namun untuk Anda yang belum pernah mengenal tentang dunia blogger ini, tentu ada berbagai macam hal yang harus Anda pelajari dengan baik tentang dunia tersebut.

Di internet memang ada cukup banyak informasi bahkan tutorial mengenai dunai blogger ini, tetapi tetap saja para blogger pemula, cenderung merasa bingung apa yang harus dilakukan untuk pertama kali. Hingga akhirnya banyak dari mereka yang merasa putus asa dan berhenti di tengah jalan.

Dalam artikel ini akan dijelaskan, langkah-langkah yang harus blogger pemula lakukan ketika memasuki dunia blogger ini.

Apa itu Blog?

saya mendefiniskan blog sebagai wadah untuk menyebarkan berbagai informasi berupa tulisan yang meliputi opini, jurnal, analisis data digital, statistik dan tulisan lainnya ke dunia maya secara luas dan berkesinambungan. Cakupan kontennya tidak terbatas, bisa berupa teks, gambar, video maupun format grafis yang rumit sekalipun.

Jenis Blog

Pilihan platform blog terdiri dari banyak macam. Tapi beberapa yang paling sering digunakan adalah Blogger.com, WordPress.com, Tumblr, Blogs.com, Webs, Blogsome, Blogdetik, hingga blog dengan domain dan hosting sendiri atau disebut dengan hostedblog. Di kalangan blogger, banyak yang menggunakan engine WordPress sebagai interfaceblog berbayarnya.

berikut langkah awal untuk pemula

Tentukan topik dan tujuan

Sebelum Anda terjun ke dunia blogger ini, sebaiknya tentukan maksud dan tujuan Anda.  Apakah Anda hanya terjun ke dunia blogger ini hanya sekedar hobby, ingin menghasilkan uang, atau hal lainnya.

Dengan adanya tujuan yang jelas, Anda memiliki motifasi untuk mengembangkan blog Anda tersebut. Untuk menjadi blog yang terkenal dan sukses, maka Anda harus konsisten dan tekun, membuat dan merakit blog tersebut. Berikutnya tentukan topik untuk blog tersebut.

 Membuat blog dan menggunakan template yang baik

Setelah Anda menentukan topik yang akan dibuat, berikutnya adalah menetukan blog yang akan digunakan. Ada beberapa penyedia blog gratis yang dapat Anda gunakan, seperti blogger.com, wordpress.com, dan beberapa blog lainnya. Untuk Anda yang masih merasa bingung memilih bloh yang pas, ada baiknya jika Anda memilih blogspot.

Menggunakan template yang baik

Setelah Anda memilih blog yang pas, maka berikutnya adalah memilih template yang pas, dan cocok untuk blog yang sedang dibuat tersebut. Perhatikan juga apakah template tersebut memiliki berbagai unsur yang ramah untuk mesin pencari. Anda tidak perlu merasa bingung, karena saat ini ada banyak sekali template gratisan yang dapat Anda pilih.

Belajar menulis artikel

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah belajar membuat sebuah artikel. Anda harus belajar bagaimana menyusun kata dengan baik, agar mudah dan nyaman dibaca.

Belajar mempromosikan konten

Ada 2 cara promosi konten yang dapat Anda lakukan, agar artikel Anda dikenal orang yaitu dengan cara online atau offline. Cara offline adalah dengan mencantumkan alamat blog Anda di berbagai brosur atau hal lainnya. Sedangkan cara online adalah dengan menggunakan berbagai macam social media yang Anda miliki.

Lengkapi Navigasi Blog

Terlepas dari platform apa yang Anda pergunakan, navigasi adalah elemen paling penting. Navigasi terdiri dari menu-menu yang wajib ada di sebuah blog. Antara lain, halaman profil blog, syarat dan ketentuan pengguna, kontak, kebijakan privasi dan kategori-kategori yang nantinya berisikan kumpulan artikel dengan topik tertentu.

Pasang Plugin Seperlunya

Jika Anda memilih menggunakan domain dan hosting berbayar, dan cms pilihannya adalah WordPress, langkah ini wajib dilakukan. Adapun plugin yang saya sarankan, antara lain:

  • AIO SEO Plugin: Gunanya untuk memanipulasi titletag, deskripsi artikel, keyword, dan lain sebagainya.
  • Google XML Sitemap: Plugin yang membantu membuat halaman sitemap untuk didaftarkan ke Google Search Console (ini diperlukan di tahapan berikutnya).
  • W3 Total Cache: Membantu mempercepat loadingblog.
  • Jetpack: Berisikan kumpulan plugin multi fungsi, ada untuk statistik, ikon media sosial, tombol berbagi, dan lain-lain.
  • Akismet: Plugin yang membantu menyaring komentar spam.
  • iThemes Security: jika takut dengan serangan hackerplugin bisa membantu mengamankan blog.

Logo dan Favicon

Yang tak kalah penting buatlah logo untuk headerblog Anda. Seperti apa bentuknya, bebas. Saya serahkan bagaimana rupa desain logo kepada Anda, silahkan bikin sesuai selera. Jika kesulitan, Anda juga boleh menyewa jasa seseorang yang mempunyai kemampuan untuk membuat logo. Anda bisa membayar teman kuliah, kerja atau keluarga. Atau menemukan jasa desain di forum dan media sosial.