Agama Terbesar di Dunia, Berdasarkan Pemeluknya!

Agama Terbesar di Dunia

Agama Terbesar di Dunia – Menurut sebuah perhitungan, terdapat kurang lebih 4.200 agama di dunia ini. Dari sekian banyak agama yang ada, apakah Sahabat 99 pernah bertanya-tanya mengenai agama terbesar di dunia?

Baca juga : Ayat Dalam Alkitab yang Tunjukkan Jaga Virginitas Sampai Hari Nikah, Pahami!

Agama sendiri merupakan kepercayaan, sistem budaya dan pandangan dunia yang menghubungkan setiap manusia dengan tatanan kehidupan.

Dari keyakinan tersebut, manusia memperoleh etika, moralitas, hukum agama, atau gaya hidup yang disukai.

Pesarana agama apa saja yang masuk ke dalam daftar agama terbesar di dunia?

Kristen

Kristen adalah agama dengan sbobet deposit pulsa 10rb pemeluk yang mencapai 32 persen penduduk dunia. Salah satu agama tertua ini diciptakan oleh Yesus Kristus pada tahun sekitar 27 M.

Agama ini sendiri terdiri dari bagian yang digabungkan menjadi satu, yakni Perjanjian Lama & Perjanjian Baru. Selain itu, terdapat 3 jenis komunitas Kristen yang meliputi Ortodoksi Timur, Katolik Roma, dan Protestan.

Islam

Didirikan oleh Nabi Muhammad pada tahun 610 M, Agama Islam diikuti oleh muslim yang memercayai Muhammad, Allah, Sunnah, dan Quran. Komunitas muslim sendiri terdiri dari dua kelompok, yakni Syiah dan Sunni.

Hampir 90% dari pengikut Islam adalah Sunni dan sisanya adalah orang Syiah. Selain itu, agama ini juga merupakan Agama Ibrahim, sama seperti Yudaisme dan Bahaisme.

Hindu

Hindu adalah agama terbesar di dunia ketiga dengan pengikut sebanyak 23% dari populasi dunia. Sebagai salah satu agama tertua di dunia, hampir 99,99% pemeluknya tinggal di Asia Selatan dan di India sendiri, 90% pemeluknya tinggal di sana.

Salah satu fakta menarik dari agama ini adalah tidak diketahuinya pendiri dari agama Hindu.

Buddha

Pada tahun 600 SM, Siddharta Gautama yang dikenal sebagai Buddha mendirikan agama ini. Sebagai agama Dharma yang sama seperti Hindu, ajaran dari agama ini didasari oleh kehidupan setelah kematian, karma, dan reinkarnasi.

Kitab suci dari agama ini sendiri adalah The Tripitaka yang berarti Tiga Keranjang. Beberapa sekte berbeda yang berasal dari agama ini meliputi Mahayana, Vajrayana, dan Hinayana.

Judaisme

Pada tahun 1300 SM, agama ini didirikan oleh Abraham, Yakub, dan Issac. Selayaknya Bahaisme, Judaisme merupakan salah satu agama tertua yang juga agama Ibrahim. Para pengikut dari agama ini disebut sebagai orang Yahudi yang terpisah menjadi majelis trombin Konservatif, Ortodoks, dan Liberal.