Categories
Tempat Wisata

Destinasi Wisata Religi Masjid Istiqlal

Destinasi Wisata Religi Masjid Istiqlal merupakan objek wisata religi pertama yang berlokasi di Ibu Kota Jakarta. Hingga kini, Istiqlal berasal dari bahasa Arab yang artinya merdeka masih menjadi masjid terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Dengan luas 93.200 M2, masjid ini dapat menampung hingga 200.000 jamaah.

Masjid Istiqlal dibangun sebagai perwujudan rasa syukur bangsa Indonesia karena telah bebas dari 350 tahun penjajahan. Masjid kebanggaan Indonesia terkenal di mancanegara dan masuk dalam buku panduan wisata, sebagai salah satu tempat yang harus dikunjungi jika berkunjung ke Jakarta. Adalah Menteri Agama saat itu, KH. Wahid Hasyim dan H. Anwar Tjokroaminoto dari Partai Syarikat Islam yang mencetuskan ide untuk membangun sebuah masjid yang akan menjadi kebanggaan bangsa ini.

Destinasi Wisata Religi Masjid Istiqlal

Pada saat perayaan umat Islam, masjid ini kerap dibanjiri berbagai jamaah dari berbagai tempat, bahkan terkadang presiden Republik Indonesia-pun kerap melakukan aktivitas peribadatan di masjid ini.

Masjid yang kini menjadi salah satu destinasi ziarah umat Islam ini diprakarsai oleh proklamator Indonesia, Ir. Soekarno dan dirancang oleh Arsitek Frederich Silaban yang notabene seorang non-muslim.

Masjid Istiqlal bergaya arsitektur Islam modern, yang tampak dari bentuk kubus, persegi dan kubah yang berbentuk bulat. Ada 7 pintu –melambangkan 7 lapis langit dan 7 hari dalam seminggu– untuk memasuki Masjid Istiqlal yang masing-masing diberi nama Asmaul-Husna, nama-nama Tuhan, yaitu Al Fattah (Pembuka), Al Quddus (Kesucian), As Salam (Kedamaian), Al Ghaffar (Ampunan), Ar Rozzaq (Rezeki) dan Ar Rahman (Pengasih) dan Al Malik ( Raja). Pintu Al Malik merupakan pintu masuk yang digunakan oleh Presiden dan Wakil Presiden karena langsung menuju ke shaf, barisan terdepan saat salat.

Sedangkan sebagai masjid negara, di situlah umat Islam merayakan Idul Fitri, Idul Adha dan Maulid Nabi Muhamad SAW. Masjid ini pun kerap didatangi oleh kepala negara dari berbagai negara seperti,salah satunya adalah Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan istrinya Michelle Obama.

Sebagai obyek wisata religi, fasilitas Istiqlal terus ditingkatkan. “Rencananya akan dilakukan beberapa perbaikan agar masjid kebanggaan bangsa ini menjadi lebih indah,” papar Drs. H. Subandi, MSi., Sekretaris Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal.

Sebagai awal, di area parkir sudah dibuat sekitar 20 Information Board yang berisi informasi tentang Istiqlal. Ditulis dalam dua bahasa. Indonesia dan Inggris, Information Board ini sangat membantu pengunjung untuk mengenal Istiqlal lebih jauh.

Sumber : www.tokopedia.com